Komjen Polisi Jebolan Akpol 1990, Nomor 1 Bongkar Peristiwa Pidana Hukum Kerangkeng Manusia Langkat

Sestama Lemhannas Komjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Irjen Kemendagri dan Komjen Pol Drs Tomsi Tohir Balaw merupakan jebolan Akpol 1990. FOTO/IST

JAKARTA – Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri berpangkat Komjen Polisi merupakan lulusan Akpol 1990. Keduanya kini bertugas Hingga luar institusi Polri.

Komjen merupakan singkatan Didalam Komisaris Jenderal, pangkat Untuk segelintir Perwira Tinggi (Pati) Polri yang Memiliki prestasi mumpuni. Pangkat ini ditandai Didalam simbol 3 bintang Hingga pundak seragam kepolisiannya.

Di ini hanya 15 Pati yang menyandang pangkat tersebut. Tujuh orang bertugas Hingga Untuk instusi Polri, sedangkan 8 orang sisanya Hingga luar organisasi kepolisian, seperti badan atau lembaga Negeri.

Didalam 15 Pati Polri berpangkat Komjen Polisi Di ini, dua Hingga antaranya merupakan jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990. Siapa mereka?

Komjen Polisi Jebolan Akpol 1990

1. Komjen Pol Drs Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, MSi

FOTO/DOK.LEMHANNAS

Komjen Polisi jebolan Akpol 1990 yang pertama adalah Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak. Di ini dia menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhannas).

Panca Simanjuntak, sapaan akrabnya, dipromosikan menjadi Sestama Lemhannas menggantikan Komjen Pol Rudy Sufahriadi yang memasuki masa pensiun. Panca dilantik menjadi Sestama Lemhannas Ke 8 Agustus 2023 dan disusul kenaikan pangkat Komjen Polisi sebulan setelahnya.

Panca merupakan perwira tinggi Polri, Dari 24 Februari 2021 menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara menggantikan Martuani Sormin. Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian atau Akpol Ke 1990 dan berpengalaman Untuk bidang reserse. Adapun jabatan terakhir Panca Sebelumnya Dari Sebab Itu Kapolda Sumatera Utara adalah sebagai Kapolda Sulawesi Utara.

Dia pernah Dari Sebab Itu Kapolres Banyumas, Kapolres Tegal Ke 2010, Wadirreskrimsus Polda Jateng Ke 2011, Dirreskrimsus Polda Kalteng Ke 2012. Lalu Ke 2013 dia Dari Sebab Itu Dosen Utama STIK Lemdikpol. Panca pernah mengemban jabatan Wadirtipidum Bareskrim Polri Ke 2017. Dia sempat berkarier Hingga Komisi Pemberantasan Penyuapan (KPK) Didalam rangkap jabatan sebagai Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan Ke 2018.

Ke 2020 dia diamanahi sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri Sebelumnya akhirnya Dari Sebab Itu Kapolda Sulut Ke 2020 dan Kapolda Sumatera Utara Ke 2021. Pada menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, banyak Peristiwa Pidana Hukum-Peristiwa Pidana Hukum besar yang berhasil ditangani Panca. Hingga antaranya menyelesaikan Peristiwa Pidana Hukum kerangkeng manusia Langkat. Delapan orang ditetapkan sebagai Dugaan Pelaku Untuk Peristiwa Pidana Hukum ini. Dua Hingga antaranya adalah Bupati Langkat nonaktif Terbit Ide Perangin Angin dan anaknya Dewa Perangin Angin.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Komjen Polisi Jebolan Akpol 1990, Nomor 1 Bongkar Peristiwa Pidana Hukum Kerangkeng Manusia Langkat