Bisnis  

Soal Kelanjutan IKN, Menko AHY Sebut Perlu Penyesuaian Alokasi Dana

Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, AHY mengatakan, pembangunan IKN Berencana tetap dilanjutkan Di bawah Pemerintahan Pemimpin Negara Prabowo Subianto. Berencana tetapi…Foto/Dok

JAKARTA – Pembantu Presiden Pembantu Presiden Koordinator bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan, pembangunan Ibu Kota Nusantara ( IKN ) Berencana tetap dilanjutkan Di bawah Pemerintahan Pemimpin Negara Prabowo Subianto.

Berencana tetapi menurutnya, alokasi Dana Untuk pembangunan IKN Hingga depannya perlu dilakukan penyesuaian. Terutama alokasi Dana Untuk Dukungan pembangunan infrastruktur dasar dan kelengkapan fasilitas kota itu sendiri.

“Dari Sebab Itu saya mengatakan bahwa ini Berencana dilanjutkan tetapi tentu Berencana disesuaikan terutama budgetingnya, harus diketahui berapa budget yang dialokasikan Untuk melanjutkan proyek-proyek Di IKN, selebihnya kita kawal,” kata AHY Di Kantor Kementerian PUPR, Rabu (24/10/2024).

AHY menjelaskan, sesuai arahan Pemimpin Negara Prabowo alokasi Dana harus bisa lebih efisien dan tidak boros. Caranya mengoptimalkan, kas pemerintah hanya Untuk pembangunan infrastruktur dasar, Lagi sisanya mencari pembiayaan alternatif.

“Lantaran sekali lagi penekanan Di bapak Pemimpin Negara jangan sampai pembangunan tidak efisien apalagi kalau ada kebocoran,” tambahnya.

Di rangka menjaga efisiensi kinerja APBN Untuk Proyek IKN, maka AHY Mengungkapkan diperlukan evaluasi setiap 5 tahun sekali Yang Berhubungan Di peta prioritas pembangunan. Termasuk Di Situasi Ini mega proyek Kota Besar Terbaru, yang diperkirakan butuh Rp466 triliun.

“IKN kembali saya mengatakan bahwa tentu setiap lima tahun perlu ada adjustment dan melihat peta prioritas pembangunan, ini berlaku Untuk infrastruktur termasuk pembangunan sumber daya manusia,” kata AHY.

Sebab menurutnya, Hingga Di Berencana banyak pembangunan infrastruktur Di rangka Memperbaiki Mutu SDM, menciptakan swasembada Ketahanan Pangan, dan swasembada energi. Supaya tidak hanya IKN saja yang menjadi atensi pemerintah Di bidang pembangunan infrastruktur.

“Pemimpin Negara Prabowo juga tentu ingin bisa melanjutkan pembangunan IKN ini, tentu Di timeline yang harus terus disesuaikan Lantaran kita tahu bukan hanya IKN yang perlu Merasakan atensi tapi juga proyek-proyek strategis nasional lain Di berbagai Area,” tutup AHY.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Soal Kelanjutan IKN, Menko AHY Sebut Perlu Penyesuaian Alokasi Dana