Wisata  

Pilihan Minuman Halal buat Dicoba Ke Toraja: Coto Makassar



Rantepao

Kini sudah banyak Konsumsi halal Ke Toraja. Satu yang bisa dicoba adalah Coto Makassar. Cocok disantap ketika lagi ingin Konsumsi yang berkuah rempah.

Coto Makassar adalah Konsumsi khas Di Makassar, Sulawesi Selatan. Tetapi, coto kini sudah menyebar Ke berbagai kota Ke Indonesia, termasuk Ke Toraja Utara.

Coto Makassar bisa dijadikan sebagai opsi Konsumsi halal yang bisa disantap traveler Muslim ketika liburan Ke Toraja. Lantaran Minuman ini terbuat Di daging sapi yang otomatis halal.


Ada beberapa tempat Sebagai menikmati Coto Makassar Ke Toraja Utara. Salah satunya adalah tempat milik Daeng Empo yang berada Ke jalan poros Rantepao-Makale.

Warung Coto Makassar milik Daeng Empo sederhana saja. Hanya ada 4 Tatakan panjang dan beberapa Bangku plastik. Kami pun memesan Coto Makassar Sebagai santap siang.

Sebagai pelengkap, Ke Tatakan sudah tersedia ketupat, jeruk nipis, kecap manis, sambal, dan garam jika dirasa kurang asin. Traveler juga bisa memesan nasi sebagai pendamping makan coto.

Kami sendiri memilih ketupat Lantaran lebih praktis dan cocok saja dipasangkan Di Coto Makassar. Per porsinya, Coto Makassar Ke sini dibanderol Rp 25.000. Sedangkan Sebagai ketupatnya cuma Rp 1.000 saja per buah.

Daging Sapi Diimpor Di Takalar

Daeng Empo mengaku mengimpor langsung daging sapi yang dia gunakan Sebagai membuat coto. Bukan Di luar negeri, tapi Di Area Takalar Ke Sulawesi Selatan. Ia mengimpor daging lantaran Ke Toraja tidak ada daging sapi.

“Daging saya Produk Impor sendiri Di Takalar. Setiap minggu datang. Bisa satu minggu sekali, bisa satu minggu dua kali, tergantung stok,” jelas Daeng Empo kepada detikTravel.

Coto Makassar Ke Toraja Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikTravel

Coto Makassar kami siang itu diracik Di anak Daeng Empo. Kepada kami, dia mengaku, coto yang dia jual menggunakan resep keluarga yang sudah turun temurun diajarkan bapaknya.

Tak butuh waktu lama, seporsi Coto Makassar pun sampai Ke Tatakan kami. Kami pun meraciknya Di sambal, jeruk dan sedikit kecap manis. Slurrrpp… Alamak, rasanya mantap betul.

Alat Untuk Alat, Coto Makassar itu akhirnya tandas sudah masuk Ke Di perut kami. Rasanya sungguh mantap disantap Ke siang hari yang terik.

Traveler Muslim yang liburan Ke Toraja bisa menjadikan Coto Makassar ini sebagai pilihan yang ‘aman’ Sebagai dikonsumsi, Lantaran dipastikan menggunakan daging sapi yang diolah secara halal.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pilihan Minuman Halal buat Dicoba Ke Toraja: Coto Makassar