Bisnis  

Cara Generasi Muda Manfaatkan BRIFine by DPLK BRI Untuk Pensiun

JAKARTA – Hampir semua orang ingin Kehidupan Damai dan nyaman Di memasuki usia pensiun. Akan Tetapi Untuk mewujudkannya, tentu diperlukan persiapan yang matang Dari kita masih Di usia produktif.

Di sisi lain, generasi muda Di ini harus Berusaha Mengatasi banyak tantangan yang dapat memengaruhi Kesejajaran Keuangan. Malahan menurut survei Asosiasi Perkumpulan Dana Pensiun Lembaga Keuangan Indonesia (PDPLK), 90 persen milenial tidak Memiliki persiapan hari tua.

Tantangan-tantangan tersebut tidak hanya datang Untuk diri sendiri, Akan Tetapi keluarga dan lingkungan sering kali ikut terlibat. Lalu, apa saja tantangan yang harus dihadapi generasi muda Di ini dan bagaimana mengatasinya agar siap Berusaha Mengatasi masa pensiun?

1. Biaya hidup tinggi
Setiap tahunnya, biaya Untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup terus naik. Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Menunjukkan, biaya hidup rata-rata per Rumah tangga per bulan Di Indonesia melampaui besaran upah minimum provinsi (UMP) Di sejumlah Area.

Provinsi DKI Jakarta pun menempati Posisi pertama kota Di biaya hidup termahal Di Indonesia. Berdasarkan data BPS, biaya hidup Di Jakarta tahun 2024 mencapai angka Rp14.394.990 per bulannya.

2. Penghasilan
Tingginya biaya hidup ini ternyata tidak sebanding Di UMP yang diperoleh Dari pekerja Di Indonesia. Contohnya saja Di Jakarta, Di biaya hidup rata-rata hampir mencapai Rp 15 juta, besaran gaji UMR Di 2024 adalah Disekitar Rp 5,06 juta.

Ketimpangan ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Gen Z dan Milenial Memiliki utang lebih banyak dibandingkan Di generasi lain. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saja, 62 persen rekening Financial Technology pendanaan bersama dimiliki Dari nasabah usia 19-34 tahun.

3. Tanggungan keluarga
Tak sedikit juga generasi muda Di Indonesia yang harus menjadi generasi sandwich. Masih Untuk data BPS, Di 2020, 6 orang usia produktif mendukung 1 orang lanjut usia Di 2020, dan 3 orang usia kerja mendukung 1 orang lanjut usia Di 2045.

Persentase rasio ketergantungan yang lebih tinggi ini Menunjukkan bahwa penduduk produktif harus menanggung beban yang lebih tinggi Untuk membiayai kehidupan mereka yang belum produktif maupun yang sudah tidak produktif lagi.

Menyusun Masa Pensiun Bersama BRIFine by DPLK BRI

Tidak perlu takut Berusaha Mengatasi masa pensiun, sebab BRI Berencana membantu kamu Menyusun hari tua. Ya, Untuk nasabah Payroll BRI, kamu bisa mewujudkan ketenangan hidup Di masa pensiun Di cara mendaftar Inisiatif pensiun BRIfine by DPLK BRI Di BRImo.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cara Generasi Muda Manfaatkan BRIFine by DPLK BRI Untuk Pensiun