Bisnis  

PLN EPI Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDes Gunungkidul

PLN EPI Melakukan pelatihan Sebagai Memperbaiki kapasitas BUMDes Di Kalurahan Gombang & Karang Asem Gunung Kidul, DIY. FOTO/Ist

JAKARTA – Guna mendukung Pembuatan ekonomi lokal, Subholding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) Melewati Inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan Memusatkan Perhatian Di peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Kalurahan Gombang & Karang Asem Gunung Kidul, DIY.

Inisiatif peningkatan kapasitas ini bertujuan Sebagai Memperbaiki kemampuan pengelolaan BUMDes, mendukung kemandirian ekonomi, serta Memperbaiki Kesejaganan Komunitas setempat. Inisiatif ini dilaksanakan Melewati serangkaian pelatihan, studi banding, dan pendampingan Sebagai Memperbaiki kompetensi pengurus BUMDes Di tata kelola usaha.

Pelatihan yang diikuti Dari 20 Orang yang berlangsung Di tiga hari ini telah berhasil menindaklanjuti Pembuatan usaha BUMDes berdasarkan potensi lokal yang ada Di Kalurahan Gombang & Karang Asem. Peserta memperoleh pengetahuan mendalam tentang Konsep dan regulasi BUMDes, praktik terbaik Di pengelolaan usaha desa, strategi Pembuatan unit usaha, Pembuatan model Usaha, serta pemasaran produk.

Sebagai bentuk komitmen PLN EPI Sebagai memastikan Ketahanan Inisiatif, dilakukan pula pendampingan berupa Focus Group Discussion (FGD) pascapelatihan Bersama Dinas Pemberdayaan Komunitas dan Kalurahan Kabupaten Gunung Kidul dan magang Di BUMDes Maju Mandiri Desa Bejiharjo yang merupakan pengelola Kawasan Wisata Goa Pindul Gunung Kidul Di dua minggu.

Pendampingan ini bertujuan Sebagai membantu pengurus BUMDes Di menata organisasi, menyusun Ide usaha, dan memperoleh pengetahuan praktis tentang Pembuatan usaha desa. Sedangkan, magang Di BUMDes bertujuan agar pengurus BUMDes Merasakan pengetahuan tentang Pembuatan usaha, strategis Usaha dan tata Kelola BUMDes.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengungkapkan, kegiatan ini merupakan Dibagian Di upaya berkelanjutan perusahaan Di mendukung pemberdayaan ekonomi Komunitas. Pembuatan BUMDes ini menjadi bentuk Dukungan PLN EPI Di menjalankan environmental, social, dan corporate governance (ESG).

“Pelatihan ini diharapkan dapat Menyediakan nilai tambah ekonomi serta dapat mendukung kemandirian Kalurahan Melewati Pembuatan ekosistem usaha Komunitas yang terintegrasi,” papar Iwan Di keterangannya, Rabu (17/7/2024).

Direktur BUMDes Karang Asem Peregangan Saputra yang menjadi salah satu peserta pelatihan menyampaikan apresiasinya atas Inisiatif. Melewati pelatihan yang diberikan dia berharap Kalurahan dan Komunitas setempat dapat mencapai kemandirian ekonomi yang berkelanjutan.

“Kami berharap pelatihan ini dapat Menyusun BUMDes Di Kalurahan kami lebih baik lagi, mampu memberdayakan Komunitas dan Menyediakan kontribusi Di pendapatan Kalurahan,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: PLN EPI Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDes Gunungkidul