Suhu Dingin ‘Bediding’ Landa RI Di Ditengah Kemarau, Ini Wanti-wanti Praktisi Medis Paru


Jakarta

Meski masih berada Di periode musim kemarau, tidak sedikit Kelompok Indonesia yang merasakan suhu lebih dingin Untuk biasanya. Hal itu juga dikonfirmasi Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto.

Trend Populer semacam ini disebutnya normal terjadi dan disebut ‘bididing’, alias dipicu kemunculan Angin Monsun Australia. Artinya, Angin Monsun Australia bertiup Untuk Australia Di benua Asia melewati Daerah Indonesia dan perairan Samudera Hindia yang juga Memiliki suhu permukaan laut relatif rendah atau dingin.

Angin Monsun Australia bersifat kering dan sedikit membawa uap air, Supaya memengaruhi musim kemarau Di Indonesia. “Apalagi Di malam hari, Di Pada suhu mencapai titik minimumnya,” beber Guswanto Pada dihubungi detikcom, Selasa (16/7/2024).


Menurut spesialis paru Prof Dr dr Erlina Burhan SpP(K), cuaca dingin terbilang berisiko Untuk sejumlah kelompok tertentu. Salah satunya mereka Bersama riwayat alergi.

“Di orang-orang tertentu, terutama orang yang alergi, atau orang yang rentan itu ada faktor-faktor pencetus yang membuat dia batuk, termasuk udara dingin, debu, kelelahan, emosi, atau terinfeksi,” tuturnya Pada dihubungi detikcom Selasa (16/7/2024).

dr Erlina menyinggung pengidap asma hingga mereka Bersama Gangguan paru obstruktif kronis (PPOK) juga perlu mewaspadai efek Untuk cuaca dingin Hingga saluran pernapasan.

“Ini terutama Untuk orang-orang yang asma atau PPOK itu mereka mudah sekali tercetus menjadi flu batuk,” sambung dr Erlina.

Tidak hanya cuaca dingin, pemicu utama gangguan pernapasan diingatkan dr Erlina juga berasal Untuk asap rokok. Menjalani Cara Hidup dan pola makan sehat menjadi Kunci atau modal utama menjaga imunitas tubuh.

“Satu hal lagi adalah asap rokok. Karena Itu berhenti merokok, mending uang rokoknya dibeliin telur, ayam, Untuk konsumsi keluarga supaya anak sehat,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Suhu Dingin ‘Bediding’ Landa RI Di Ditengah Kemarau, Ini Wanti-wanti Praktisi Medis Paru