Wisata  

Siapa Sangka, Pistol yang Dipakai Napoleon Bunuh Diri Laku Rp 29 Miliar



Paris

Dua pistol yang pernah ingin digunakan Napoleon Bonaparte Untuk bunuh diri ternyata laku dilelang Di harga fantastis, mencapai Rp 29,7 Miliar!

Pistol itu terjual Di Prancis Di Minggu (7/7) Di harga 1,69 juta euro atau Di Rp29,7 miliar jika dirupiahkan Di kurs tukar sekarang.

Dikutip Di AFP, harga pistol Napoleon itu diungkap Dari pihak pelelang Di Fontainebleau dan berada Di atas estimasi Di 1,2 juta euro sampai 1,5 juta euro. Identitas pembeli pistol itu tidak diungkap Di publik.


Sebelumnya lelang dilakukan, komisi harta nasional Di Kementerian Kebudayaan Prancis sudah mengklasifikasikan pistol Di dekorasi indah ini sebagai harta nasional dan dilarang Untuk diekspor.

Aturan yang muncul Di Sabtu (6/7) itu membuka periode 30 bulan Untuk pemerintah Prancis dapat mengajukan penawaran pembelian kepada pemilik Terbaru yang berhak menolak.

Kekayaan Kearifan Lokal Dunia Prancis, yang memenuhi syarat sebagai harta nasional, hanya dapat meninggalkan Prancis Untuk Sambil dan wajib kembali.

“Di diklasifikasikan sebagai harta nasional Menyediakan nilai yang luar biasa Di benda tersebut,” kata perwakilan balai lelang Osenat yang tak ingin disebut namanya.

Dua pistol Napoleon ini berada Di satu Kardus. Senjata ini dihiasi mewah bertatahkan emas dan perak Di ukiran gambar Napoleon.

Konon pistol ini digunakan Untuk mengakhiri hidup penguasa Prancis Di 1814 itu, ketika ia terpaksa menyerahkan kekuasaannya Setelahnya pasukan Asing mengalahkan tentara dan menduduki Prancis.

“Setelahnya Kegagalan Prancis, dia benar-benar depresi dan ingin bunuh diri Di senjata-senjata ini, Tetapi pengawalnya menghilangkan bubuk mesiu,” kata ahli Di Rumah lelang Jean-Pierre Osenat Sebelumnya pelelangan.

Napoleon malah meminum racun, Tetapi muntah dan selamat. Sedangkan senjata ini Setelahnya Itu diberikan kepada pengawalnya sebagai ucapan terima kasih atas kesetiaannya.

Memorabilia Napoleon sangat dicari Di kalangan kolektor. salah satu Tutup miring hitam ‘bicorne’ miliknya yang terkenal Di hiasan biru, putih dan merah dijual 1,9 juta euro Di November lalu.

Setelahnya turun takhta Napoleon diasingkan Di pulau Elba, Di lepas pantai Italia. Dia kembali secara dramatis Di Prancis, hanya Untuk mengakhiri kariernya secara definitif ketika dikalahkan Inggris Di Tanding Waterloo Di 1815.

Setelahnya Itu dia meninggal Di pengasingan Di pulau St Helena enam tahun Setelahnya Itu.

——-

Artikel ini telah tayang Di CNN Indonesia.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Siapa Sangka, Pistol yang Dipakai Napoleon Bunuh Diri Laku Rp 29 Miliar