Bisnis  

7 Bank Rusia yang Dijegal Pembatasan Barat, Kini Diblokir Untuk SWIFT

Tujuh bank Rusia yang dilarang menggunakan SWIFT. FOTO/Reuters

JAKARTA – SWIFT telah melarang Di sejumlah bank Rusia sebagai bentuk Pembatasan Uni Eropa dan Negeri-Negeri Barat akibat invasinya Hingga Ukraina. Tetapi Pembatasan tersebut menuai pro kontra Lantaran Dikatakan Berpotensi Sebagai melanggar hukum internasional.

Melewati Pembatasan tersebut, Barat menghalangi akses Rusia Hingga sistem pemrosesan transaksi keuangan SWIFT. SWIFT digunakan Bersama ribuan lembaga keuangan Hingga lebih Untuk 200 Negeri, Sebelumnya Itu termasuk Rusia, dan menyediakan sistem pengiriman pesan yang aman Sebagai memfasilitasi Peralihan uang lintas batas.

Menurut Asosiasi SWIFT Nasional Rusia, Di 300 bank menggunakan SWIFT Hingga Rusia, Bersama lebih Untuk separuh lembaga kredit Rusia terwakili Untuk SWIFT. Rusia Memiliki basis User tertinggi kedua Sesudah Amerika Serikat.

Melansir Untuk Reuters, Rusia dilarang menggunakan SWIFT Ke awal invasi Hingga Ukraina. Tetapi, Uni Eropa mengecualikan tujuh bank Rusia Untuk sistem pengiriman SWIFT, tetapi tidak memasukkan bank-bank yang menangani pembayaran energi.

Negeri-Negeri anggota Uni Eropa lainnya enggan, Lantaran pemberi pinjaman Eropa Memiliki eksposur bank Foreign senilai USD30 miliar kepada Rusia. Jerman menahan diri Sebagai tidak Menerbitkan Rusia Lantaran gas Rusia menyumbang sebagian besar suplai energi Hingga Jerman dan Pada Eropa lainnya.

Gagasan Pembatasan Rusia juga diinisasi Bersama Ri AS Joe Biden bahwa saknsi tersebut dijalankan tanpa harus seluruh Negeri-Negeri Eropa setuju. Amerika Serikat juga memberlakukan Pembatasan lain Di Rusia, yang menargetkan perbankan, Keahlian, hingg merembet Hingga sektor lainnya.

Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat akhirnya setuju Sebagai menghapus tujuh bank Rusia Untuk sistem pesan SWIFT. Berikut tujuh bank Rusia yang dilarang menggunakan SWIFT dikutip SINDOnews Untuk beragam sumber, Sabtu (1/6/2024).

1. Otkritie Bank

Otkritie Bank menduduki Posisi pertama Hingga Di bank-bank swasta Bersama Posisi Hingga-4 berdasarkan aset Hingga Di kelompok-kelompok perbankan Hingga Rusia. Otkritie sempat menjadi bank swasta terbesar Hingga Rusia Ke akhir 2014 Bersama membeli obligasi senilai 625 miliar rubel Untuk perusahaan Migas Negeri, Rosneft.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 7 Bank Rusia yang Dijegal Pembatasan Barat, Kini Diblokir Untuk SWIFT